Proses Pansel Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Disoal

Proses Pansel Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu Disoal

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),-Ketua DPRD Indramayu, Syaefudin, angkat bicara terkait proses dan tahapan Panitia Seleksi (Pansel) calon Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu Indramayu yang telah menetapkan Ady Setiawan sebagai Dirut Perumdam lewat agenda pelantikan dan pengambilan sumpah yang dilaksanakan di Ruang Ki Tinggil Setda Indramayu,.Kamis (4/11/2021) kemarin.

Seperti diketahui, proses penetapan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Dirut Perumdam) Tirta Darma Ayu, Ady Setiawan oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina, terkesan mendadak dan disinyalir tidak melalui proses tahapan Panitia Seleksi (Pansel), salah satunya tidak menempuh tahapan pengumuman secara terbuka kepada publik.

"Saya merasa kaget ketika mendengar pelantikan Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu, walaupun tidak salah Bupati selaku pemilik BUMD,  dalam hal ini kewenangan Pemda Indramayu, namun yang kami pertanyakan adalah proses yang dilakukan oleh Pansel itu sendiri," ujar Syaefudin, usai meresmikan GOR Fajar Damai, di Desa Lempuyang Kecamatan Anjatan, Sabtu (6/11/2021).

Dikatakannya, pada proses seleksi calon Dirut Perumdam yang dilakukan Pansel, ada konsekwensi anggaran yang dikeluarkan dari APBD Kabupaten Indramayu dengan nilai yang tidak sedikit, kemudian dari nama-nama  yang tercatat pada Pansel, nama Ady Setiawan tidak termasuk dalam daftar tiga besar, namun begitu pihaknya belum mendapat keterangan lebih lanjut dari Bupati, termasuk dari Pansel itu sendiri.

FOKUS BACA INI JUGA: Direktur Utama Perumdam Tirta Darma Ayu, Adi Setiawan Dilantik

 

"Untuk itu kami akan mengundang Pansel guna memberikan keterangan atas dilantiknya AS selaku Dirut Perumdam Tirta Darma Ayu, yang dilaksanakan pada Kamis kemarin," terangnya.

Ia mengungkapkan, pada proses tahapan seleksi, nama-nama yang termasuk dalam tiga besar akan diumumkan terlebih dahulu, akan tetapi Komisi III DPRD yang membidangi hal itu, dalam laporannya tidak menyebutkan nama Adi pada daftar nama tiga besar.

FOKUS BACA INI JUGA: 12 Nama Calon Dirut Perumda Tirta Darma Ayu Lolos Administrasi

 

"Sebelumnya Komisi lll melaporkan kepada saya selaku pimpinan, bahwa proses seleksi sudah berjalan dan tiga nama tersebut tidak ada nama Ady," ungkapnya.

Ketua DPD Partai Golkar yang juga selaku Ketua Karang Taruna Kabupaten Indramayu ini, menegaskan,  pihaknya tidak mengetahui darimana proses itu bisa  berjalan sehingga diputuskan AS selaku Dirut Perumdam, meski begitu keputusan final kembali pada kewenangan Bupati yang dapat menentukan siapa yang layak ataupun tidak untuk memimpin BUMD dan jika berbicara keabsahan dilantiknya AS selaku Dirut Perumdam itu bukan kewenangan legislatif.

Akan tetapi, yang dapat disayangkan dari proses ditetapkannya AS selaku Dirut Perumdam itu sepertinya gelap artinya tidak transparan, sehingga anggaran yang dikeluarkan untuk Pansel terbuang percuma dan untuk saat ini dirinya tidak bisa menjelaskan alasan ditetapkannya AS selaku Dirut.

"Kami akan menjelaskan nanti setelah mengundang Pansel atau mengundang Pemerintah Daerah dalam permasalahan ini," tegasnya.

Menyinggung tentang isu yang berkembang terkait trek records AS selama di Jember, Syaefudin, enggan menjelaskan karena informasi tersebut hanya didapat dari media sehingga pihaknya tidak  mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya terjadi, hanya saja berharap siapapun yang memimpin Perumdam selaku BUMD, kedepan harus lebih baik terutama dalam hal pelayanan dan juga membuat ekspansi sambungan, karena masyarakat di Indramayu masih termasuk dalam katagori sedang dalam penggunaan air bersih Perumdam.

"Sebelumnya menejemen Perumdam Tirta Darma Ayu sudah bagus terkait proyeksi bisnis yang dikembangkan, hanya saja karena terlalu lama mengalami kekosongan sehingga sangat berpengaruh terhadap menejemen Perumdam itu sendiri, namun saya yakin Bupati punya alasan dan tidak salah memilih orang berdasarkan pengalaman kerjanya sehingga kedepan akan menjadi lebih baik," tegasnya.


Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Robi Cahyadi
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive