PolitikFokus ParlemenAPBD Kabupaten Indramayu Tahun 2023 Batal Disahkan

APBD Kabupaten Indramayu Tahun 2023 Batal Disahkan

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Rancangan anggaran penerimaan belanja daerah (APBD) Kabupaten Indramayu tahun 2023 batal disahkan oleh Bupati dan DPRD Kabupaten Indramayu, pada agenda Rapat Paripurna DPRD Indramayu, Rabu 30 Nopember 2022.
 
Seperti diketahui, pengesahan rancangan peraturan daerah (Raperda) APBD Kabupaten Indramayu tahun 2023  tidak dapat dilaksanakan, karena belum dilakukan pembahasan secara tuntas antara tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kabupaten Indramayu dan bersama DPRD Indramayu. Bahkan mayoritas fraksi di DPRD Kabupaten Indramayu juga menilai raperda APBD 2023 sulit untuk disahkan mengingat penyelarasan anggaran dengan eksekutif juga masih belum tuntas.
 
“Kita belum mendapatkan rancangan secara detail terkait postur rancangan APBD 2023. Jadi rancangan APBD 2023 tidak dapat disahkan karena pembahasannya juga belum selesai,” kata Ketua Fraksi Merah Putih DPRD Indramayu, Ruswa pada rapat paripurna. 
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua fraksi Partai Golkar Indramayu, Muhaemin. Ia berpendapat, APBD 2023 sebenarnya bisa disahkan, jika melihat dari tahapan-tahapan pembahasan rancangan APBD 2023 yang telah dilakukan sebelumnya.
 
Rapat pembahasan terakhir dilakukan pada 25 November 2022 atau lima hari sebelum batas akhir pengesahan rancangan APBD 2023. Namun, waktu lima hari ini tidak dapat dimaksimalkan oleh tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) untuk melakukan penyelarasan dengan DPRD Indramayu.
 
“Sampai tanggal 30 November 2022, TAPD belum dapat menyajikan angka dan gambaran rancangan APBD 2023 kepada DPRD. Ini yang membuat kami sulit untuk membahasnya dan melakukan persetujuan. Sementara waktu yang dimiliki sangat-sangat terbatas. Bukan hanya interval waktu hitungan hari, tapi dalam hitungan jam saja,” kata dia.
 
Anggota fraksi PKB DPRD Indramayu, Dalam, mengatakan pembahasan rancangan perda tentang APBD paling lambat satu bulan sebelum dimulainya tahun anggaran setiap tahun. Hal itu diatur dalam UU  nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.
 
“Tadi malam sampai batas waktu yang ditentukan yakni pada Rabu 30 November pukul 24.00 WIB, rancangan APBD 2023 tidak dapat disahkan. Secara otomatis alokasi anggaran di tahun 2023, akan menggunakan APBD 2022,” kata dia saat dihubungi Kamis (01/12/2022).
 
Pantauan awak media, pada Rabu 30 Nopember 2022, DPRD Kabupaten Indramayu menggelar rapat paripurna nota pendapat badan anggaran terhadap raperda tentang APBD tahun anggaran 2023, persetujuan DPRD serta pendapat akhir Bupati. Paripurna tersebut diagendakan pukul 20.00 WIB. Dalam rapat paripurna tersebut, Bupati Indramayu, Nina Agustina tidak hadir dan diwakilkan oleh Sekretaris daerah Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo.
 
Sementara itu Sekretaris daerah Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo mengatakan eksekutif meminta waktu untuk melakukan penyelarasan rancangan APBD 2023. 
 
“Kita minta waktu untuk penyelarasan pembahasannya. Setelah penyelarasan selesai, Ibu Bupati Indramayu siap untuk hadir  menandatangani persetujuan rancangan APBD 2023,” kata dia dalam rapat paripurna tersebut.
 
Terpisah, Kepala Badan Keuangan Darah (BKD) Kabupaten Indramayu, Woni Dwinanto, menegaskan, pihaknya terus berusaha melakukan upaya konsultasi dan komunikasi baik dengan Kemendagri maupun DPRD terkait deadline waktu pengesahan APBD tahun 2023 yang kemarin belum bisa disahkan. Bahkan ia meyakini persoalan tersebut akan mendapatkan solusi terbaik.
 
” Lagi kita upayakan, kita coba komunikasikan lagi. Insyaallah ada solusinya,” tutur Woni saat dikonfirmasi.
ads

Baca Juga
Related

KNPI Indramayu Bakal Helat Musda ke-XIII

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Indramayu, bakal...

Aleg Kasan Basari Jalin Silaturahmi Bersama Tokoh Inbar

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat, Kasan Basari, terus...

Program PISEW 2022 di Desa Tanjungsari Berdampak Positif Bagi Masyarakat

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Masyarakat petani di Desa Tanjungsari Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu,...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu