Fokus NewsInternasionalLawatan ke Saudi Arabia, Menag RI Bahas Islamic Center dan Umrah Dibuka

Lawatan ke Saudi Arabia, Menag RI Bahas Islamic Center dan Umrah Dibuka

JEDDAH,(Fokuspantura.com),- Memenuhi undangan Menteri Urusan Islam Kerajaan Arab Saudi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas lakukan lawatan kerja ke Arab Saudi bersama rombongan sejak 19 – 25 November 2021 guna membahas berbagai kerja sama, di antaranya mengenai pendirian Islamic Center dan kelanjutan umrah bagi jemaah asal Indonesia.
.
Menag RI memulai rangkaian lawatan dengan menemui Menteri Urusan Islam, Dr. Abdullatif Al Sheikh pada 20 November 2021 guna membahas pembangunan Saudi-Indonesia Islamic Centre di Indonesia yang akan diarahkan menjadi pusat kajian dan pengembangan dakwah. Kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang pencegahan berkembangnya paham radikal.
.
Menag RI juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Dr. Taufiq Rabiah pada 22 November guna membahas kelanjutan umrah bagi jemaah asal Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, Menteri Haji dan Umrah Dr. Taufiq Rabiah memberikan jaminan izin umrah bagi jemaah asal Indonesia bakal segera dibuka.
.
Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan pihaknya berjanji akan segera menghubungi Menag RI secara langsung setelah pembukaan umrah bagi jemaah Indonesia diputuskan oleh Komite Tinggi Haji Arab Saudi yang dipimpin oleh Gubernur Mekkah Pangeran Khalid Faisal.
.
Dalam pertemuan tersebut, Menag RI didampingi oleh Ketua Komisi VIII DPR RI, Sekjen Kemenag RI, Dirjen PHU, Konjen RI Jeddah, dan KUAI KBRI Riyadh.
.
Kedua belah pihak akan segera mempersiapkan skenario dan timeline pemberangkatan jemaah umrah dari Indonesia, termasuk pembahasan aspek kesehatan seperti vaksin, booster, tes PCR, serta lama karantina bagi yang belum memenuhi syarat.
.
Berkaitan hal tersebut, Konsul Jenderal RI Jeddah Eko Hartono mengimbau para calon jemaah umrah agar bersabar hingga ada keputusan resmi dari Pemerintah. Langkah kehati-hatian yang diambil Pemerintah Arab Saudi semata karena ingin menjamin keselamatan umum dari ancaman wabah Covid-19, khususnya keselamatan jemaah umrah.
.
“Sebaiknya bersabar menunggu keputusan dari Pemerintah agar para jemaah nantinya bisa melaksanakan umrah dengan nyaman dan aman,” ujar Konjen usai mendampingi Menag.
.
Selain kedua pertemuan tersebut, Menag Yaqut juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Mekkah Pengeran Khalid Faisal yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Tinggi Komite Haji, serta direncanakan pula melakukan pertemuan dengan Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman.
.
Sebelum terjadinya pandemi, jemaah umrah asal Indonesia merupakan delegasi terbesar kedua setelah Pakistan, dengan angka kunjungan kurang lebih 1,2 juta pertahunnya. Gelombang umrah dari seluruh dunia mulai ditutup pada pertengahan Maret 2020 setelah pandemi melanda seluruh dunia.

ads

Baca Juga
Related

Guru Olah Raga SMAN 1 Indramayu, Terpilih Ketua Umum IGORA Jabar

BANDUNG,(Fokuspantura.com),- Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Guru Olahraga (IGORA) Propinsi Jawa...

Krisis Air Bersih Krangkeng, BPBD Belum Terima Laporan

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten...

Wargi Jati Kunjungi Petilasan Ki Dampu Awang

BALONGAN,(Fokuspantura.com),- Wargi Jati Keraton Kasepuhan Cirebon Perwakilan Indramayu mengunjungi...

Plafon Aula Embarkasi Haji Indramayu Ambruk

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Bangunan atap atau plafon dan tembok aula penerimaan dan...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu