Tiga Pilar Partai Hadiri Saresehan Bahas Petani Tebu Sindanglaut

Tiga Pilar Partai Hadiri Saresehan Bahas Petani Tebu Sindanglaut
CIREBON, (Fokuspantura.com),- Puluhan petani tebu Sindanglaut, Kabupaten Cirebon, menggelar acara Silaturrahmi dan Saresehan bersama Anggota DPR-RI Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan, Ono Surono,  di salah satu rumah area Pabrik Gula (PG) Sindanglaut dengan mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat, Minggu, (15 /8/2021).
 
Gelaran acara tersebut, dihadiri tiga pilar partai yakni Bupati Cirebon sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Imron, didampingi Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Jawa Barat, Bambang Mujianto,  Ketua Rumah Aspirasi Ono Surono (Raos) Kabupaten Corebon Dr. Sophi Zulfiah, serta para Petani Tebu.
 
Saresehan dan Silaturahmi dilakukan mengingat adanya keluhan para petani tebu di wilayah Kabupaten Cirebon terkiat  sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, padahal pupuk tersebut sangat dibutuhkan guna memperingan beban biaya tanam, sebab dengan tidak beroperasinya PG Sindanglaut menambah beban biaya operasional karena jarak angkut yang terlalu jauh, sehingga nambah biaya transportasi, dan para petani sangat berharap pupuk tersebut diadakan dan di perjuangkan sekalipun mungkin sangat sulit.
 
Salah satu perwakilan Petani Tebu, Mai Azhar, mengungkapkan, Petani tebu menhinginkan agar PG Sindanglaut bisa beroperasi kembali, agar para pekerja yang di PHK bisa bekerja kembali seperti sediakala dan para petani mendapatkan keringanan biaya angkut, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan petani seiring dengan berkurangnya biaya transportasi. 
 
"Karenakan para petani tebu gilingnya dekat," tuturnya. 
 
Menanggapi keluhan petani, Anggota DPR-RI komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan, Ono Surono, berjanji akan membawa aspirasi dari para petani tebu tersebut ke rapat kerja Komisi dengan Kementrian Pertanian. 
 
Ono mengajak kepada para petani agar dapat bersinergi dengan Pemkab Cirebon, mengingat semua usulan akan melalui proses mekanisme yang ada. Karena pembangunan yang dicita - citakan pemerintah dan Pemda tidak akan dapat terwujud tanpa hadirnya Tiga Pilar Partai yakni, eksekutif, partai pengusung dan legislatif. 
 
“Terkait dengan keinginan petani tebu, agar PG Sindanglaut bisa beroperasi kembali, saya sih berharap bisa asalkan ditempuh dengan pemenuhan syarat,”terang Ketua DPD PDI Perjuangan Propinsi Jabar ini. 
 
Ono juga berjanji akan terus fokus membantu para petani yang ada di Kabupaten Cirebon sehingga para petani bisa sejahtera. 
 
"Jangan sampai petani saat ini seperti kisah petani bernama Marhains jaman Bung Karno yang memiliki lahan dan cangkul tapi kehidupannya jauh dari sejahtera," tuturnya. 
 
Selama ini pihaknya selalu fokus memberikan banyak bantuan alat pertanian di Indramayu, dan Kabupaten Cirebon, sebagai Dapil binaan dan saat ini akan mendapatkan giliran sehingga  kedepan bantuan tersebut akan di usahakan secara maksimal, agar para petani dapat meningkatkan hasil garapannya.

Redaktur: Ihsan Mahfudz
Penulis: Ihsan Mahfudz
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive