EdukasiPKBM Mitra Mandiri Siap Jadi Pusat Belajar Mumpuni

PKBM Mitra Mandiri Siap Jadi Pusat Belajar Mumpuni

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mitra Mandiri yang beralamat di Jl. Raya Tegal Agung Blok Tangsi RT.02 RW. 02 Desa Benda Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu, menggelar kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bagi masyarakat yang mengikuti program pendidikan kesetaraan paket. Sabtu, 22 Oktober 2022.
 
Pendidikan setara Paket A, B dan C, merupakan hal penting bagi warga yang putus sekolah untuk mendapatkan legalitas Ijazah agar dapat di pergunakan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.
 
PKBM Mitra Mandiri ini, salah satu PKBM yang ada di Kecamatan Karangampel yang menjadi pilihan utama bagi masyarakat untuk mendapatkan legalitas ijazah.
 
Selain belajar melalui online, PKBM Mitra Mandiri juga mengadakan kegiatan belajar mengajarnya lewat tatap muka yang diselenggarakan setiap hari Jumat dan Sabtu. 
 
Pada kegiatan belajar mengajar bagi masyarakat yang mengikuti program paket C atau setara SMA ini, mereka diberikan lima macam modul pembelajaran yang dapat dipelajari masyarakat yang ikut program pendidikan kesetaraan, secara mandiri. Kelima modul tersebut diantaranya, Ekonomi, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Pancasila dan Sosiologi. 
 
Kepala Sekolah PKBM Mitra Mandiri M Faruk Sobirin menjelaskan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal. Meski demikian, sekolah PKBM ini merupakan sekolah yang kualitasnya tidak jauh berbeda dari lulusan sekolah formal. Bahkan, tidak sedikit lulusan dari PKBM Mitra Mandiri ini yang sudah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi Negeri.
 
“Alhamdulillah, kegiatan PTM ini kita laksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu. Kita juga memberikan soal setiap hari lewat online agar mereka bisa aktif. walaupun mereka dalam kesibukan tapi bisa melaksanakan tugas. Dengan kegiatan online itu, mereka bisa terpantau oleh kita. Sehingga kita bisa evaluasi jika nilai mereka masih kurang,” ujarnya.
 
“Dibanding tahun kemarin, peserta didik sudah terarah dan terintegrasi. Tutor juga kompak, masing-masing tutor diwajibkan membuat soal-soal online,” jelasnya.
 
Faruk berharap, masyarakat yang mengikuti program pendidikan kesetaraan paket A,B dan C, agar benar-benar serius dan aktif. Sehingga dikemudian hari, mereka dapat merasakan manfaatnya setelah lulus dan memperoleh Ijazah.
 
“Rencana kita untuk akhir bulan atau awal bulan depan ini, kita melaksanakan kegiatan keterampilan. Yakni kursus komputer. Tapi nanti setelah melihat kemampuan, baru kita melangkah ke tingkat komputer lebih lanjut. Seperti, desain grafis, youtube, video online dan lainnya.” Pungkasnya.
ads

Baca Juga
Related

Respon Banjir, Ketua DPRD Indramayu Kunjungi Camp Pengungsian Cibiuk

KANDANGHAUR,(Fokuspantura.com),- Ketua DPRD Indramayu, Syaefudin, turun menyambangi korban banjir...

Fee Pengadaan Masker Scuba Diangka 10 Persen, Ini Peran Tersangka

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Penyidik Tipikor Polres Indramayu, Jawa Barat, berhasil mengungkap...

Polsek Talang Ringkus Pelaku Penggelapan Rental Mobil

SLAWI (Fokuspantura.com),- Satreskrim Polsek Talang, Polres Tegal berhasil menangkap...

Pemkab Indramayu Rehab Jalan Sukra – Bugis Sebesar Rp9,3 Miliar

SUKRA, (Fokuspantura.com),- Ruas jalan Sukra - Bugis yang sebelumnya...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu