PolitikFokus ParlemenOno Surono: Buruh Adalah Penentu Kemajuan Bangsa

Ono Surono: Buruh Adalah Penentu Kemajuan Bangsa

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ono Surono menegaskan bahwa buruh merupakan penentu kemajuan bangsa, pasalnya baik buruh lokal maupun buruh migran sangat berjasa dalam pembangunan ekonomi, infrastruktur, maupun manusianya. Penegasan itu disampaikan pada Peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2018.
 
“Buruh adalah bagian dari kedaulatan rakyat Indonesia yang harus diperhatikan serius. Mereka adalah penentu kemajuan bangsa,” ujar Ono Surono, dalam rilis yang diterima, Selasa (1/5/2018).
 
Menurutnya, perlakuan terhadap buruh, harus merata dan tidak pandang bulu hanya kepada buruh lokal semata, namun ada juga buruh migran yang berjumlah sekitar sembilan juta penduduk Indonesia menjadi pekerja buruh migran di luar negeri yang harus diperhatikan oleh pemerintah.
 
“Anak buah kapal di luar negeri atau pekerja migran lainnya misalnya, mereka kan juga buruh yang harus dilindungi hak-haknya,” terang Ketua Umum Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI) ini. 
 
Ono juga sepakat, terkait adanya perlindungan buruh untuk menekan biaya pendidikan, transportasi, perumahan dan memberikan jaminan sosial bagi para buruh.
 
“Kedepan hak-hak itu juga harus diatur secara jelas untuk buruh lokal dan migran,” terang Politisi Senayan Asal Indramayu ini.
 
Ono juga menyoroti masalah upah buruh yang harus layak diberikan sesuai dengan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang ditentukan.
 
“KHL juga harus melihat sisi kemanusiaan dan kebutuhan di lingkungan sekitar, misalnya biaya rekreasi dan sebagainya harus diperhatikan,” terang Ono.
 
Oleh karenanya, ia sangat mendukung gerakan buruh yang memang benar-benar memperjuangkan kesejahteraannya dan bukan untuk kepentingan politik tertentu.
 
“Selamat hari buruh internasional, teruslah berjuang untuk kesejahteraan rakyat Indonesia,” tandasnya.
ads

Baca Juga
Related

PG Rajawali II Serahkan 46 Hewan Qurban

INDRAMAYU,(Fokuspantura.com),- Generak Manajer PG Rajawali II Adang Sukendar Day...

Air Mancur Sri Baduga Purwakarta Siap Dibuka

PURWAKARTA,(Fokuspantura.com),- Pemkab Purwakarta berencana akan kembali membuka pertunjukan air mancur...

Pejabat Sekda Kuningan Dilantik

KUNINGAN,(Fokuspantura.com),- Plt Bupati Kuningan Dede Sembada melantik Drs. Dadan...

Indramayu Raih Juara Umum Taekwondo Pelajar Jabar

INDRAMAYU, (Fokuspantura.com),- Prestasi bergengsi dan luar biasa kembali ditorehkan...
- Advertisement -

FokusUpdate

Popular

Mau copas berita, silahkan izin dulu
Mau copas berita, silahkan izin dulu